4.21.2008

LATAR BELAKANG FUN WITH ENGLISH

Inilah tempat awal keberadaan Fun With English dan Rumah Baca sebelum mendapat bantuan.
hanya berada di lahan tidur milik orang hanya beralaskan terpal plastik pinjaman.
LATAR BELAKANG. (Baca Mengapa Aku Berbagi?)

Tempat belajar Bahasa Inggris ini berdiri tanpa kesengajaan, awalnya bermula dari keisengan saya sering membantu anak – anak disekitar tempat tinggal saya mengerjakan PR sekolah. Ataupun anak – anak itu sendiri datang ke rumah meminta bantuan dalam pelajaran sekolah mereka. Secara saya memang senang dengan anak – anak kecil tapi juga senang mengajari mereka. Hal itu berlangsung selama beberapa bulan. Sampai akhirnya anak – anak itu meminta saya untuk mengajari mereka pelajaran Bahasa Inggris.
Kemudian dimulailah mengajar dan belajar bahasa Inggris setiap hari Minggu atau hari Sabtu. Dalam memberi pelajaran Bahasa Inggris ini memang saya lakukan dengan niat tulus dan tanpa pamrih semata – mata hanya ingin membantu orang yang memerlukan bantuan saya. Jadi sama sekali tidak pernah terpikirkan masalah pembayaran. Yang membuat saya terus menerus semangat mengajar hingga kini adalah semangat anak – anak itu sendiri yang begitu besar sehingga memacu diri saya untuk tetap mengajar.
Kendala dan rintangan itu pasti ada dalam setiap kehidupan manusia, masalah – masalah yang saya hadapi tentu banyak. Misalnya saja ketika saya dan keluarga merekrut anak – anak (terutama yang tidak mampu) yang bermukim dibantaran kali tempat saya tinggal untuk mengikuti kegiatan ini, sangatlah tidak mudah, kita harus dengan segala cara agar mereka ikut tertarik. Padahal kalau saja kesadaran keluarga mereka cukup tinggi tentu kesempatan ini tidak akan disia – siakan. Tapi hal – hal seperti inilah yang kadang memberikan irama kehidupan bagi saya untuk tetap berkarya diri.
Belajar Bahasa Inggris (Kursus) tidaklah bisa dikatakan murah dengan keadaan ekonomi negara kita seperti sekarang ini, hanya bagi mereka yang mampu saja dapat mengikuti kursus Bahasa Inggris di tempat – tempat yang bergengsi. Atas dasar inilah dan keterbatasan kemampuan saya dalam Bahasa Inggris saya berniat membantu anak – anak yang mau dan menyenangi Bahasa Inggris layaknya mereka bermain.



”FUN WITH ENGLISH”
Inilah nama tempat dimana saya memberikan pelajaran Bahasa Inggris Gratis kepada semua anak – anak yang mau dan menyenangi Bahasa Inggris.
Demikian sekelumit profile ”FUN WITH ENGLISH” tempat yang didedikasikan kepada seluruh anak – anak yang mau dan menyenangi Bahasa Inggris. Hingga kini proses mengajar dan belajar bahasa Inggris berjalan selama + 7 tahun. Semoga bermanfaat bagi sesama. Amin.

WAKTU BELAJAR.
Belajar Bahasa Inggris ini diadakan setiap hari Sabtu dan Minggu dengan lima (5) kelas :
Hari Sabtu
1. Jam 15.00 WIB : Untuk Anak – anak kelas 1 – 3 SD
Hari Minggu
1. Jam 08.00 WIB : Untuk Anak – anak kelas 4 – 6 SD
1. Jam 09.00 WIB : Untuk Anak – anak TK – Kelas 2 SD
2. Jam 10.00 WIB : Untuk Anak – anak kelas 2 - kelas 4 SD
3. Jam 11.00 WIB : Untuk Anak – anak kelas 6 – kelas 3 SMP
Setiap semester (6 bulan) ”Fun With English” mengadakan Oral Test dan Written Test bagi siswanya. Hasil dari test – test tersebut akan diberikan kepada siswanya, bagi siswa yang berprestasi akan diberikan ”Reward” berupa buku dan alat – alat tulis.

JUMLAH PESERTA (SISWA).
Hingga Januari 2008 ini jumlah siswa aktif + 80 orang yang terbagi dalam lima kelas. Dari awal pendirian pengajar di Fun With English hanya saya sendiri jadi jumlah siswa dengan berat hati kami batasi. Hal ini semata – mata untuk kebaikan siswa itu sendiri. Jika dalam satu kelas berjumlah lebih dari 20 orang, akan sangat sulit bagi siswa tersebut menerima pelajaran dengan baik. Tetapi awal Januari 2008 ini Fun With English kedatangan dua orang relawan (guru) yang dengan ikhlas tanpa dibayar yang mau membantu mengajar disini. Mudah- mudahan semakin banyak orang – orang yang berjiwa sosial tinggi mau bergabung disini, walaupun hanya memberikan masukan ataupun ide – ide kreatif guna kemajuan Fun With English.

DANA OPERASIONAL.
Dana operasional kegiatan ini tentu saja dari pribadi pengajar sendiri yang sengaja disisihkan dari gaji pribadi setia bulannya. Pengeluaran – pengeluaran berupa alat – alat tulis, buku – buku pelajaran, photo kopi soal – soal dan juga hadiah – hadiah yang diberikan kepada siswa yang berprestasi setiap semester.

BANTUAN DAN KERJASAMA.
Tahun 2002 - 2004 “Fun With English” pernah bekerja sama dengan Dewan Kelurahan Bendungan Hilir. Salah satu dari program Dewan Kelurahan Bendungan Hilir melalui penggunaan dana PPMK (kegiatan sosial) adalah program belajar Bahasa Inggris Gratis untuk anak – anak sekolah dasar.(terutama yang kurang mampu). Kegiatan belajar Bahasa Inggris ini dilaksanakan hari Minggu tanpa dipungut biaya apapun. Kegiatan belajar Bahasa Inggris ini berlangsung hingga kerjasama antara Dewan Kelurahan Bendungan Hilir dan Fun With English berakhir.

Bulan Maret tahun 2007 setelah banjir besar melanda Jakarta, seluruh buku – buku dan alat –alat tulis dan mengajar terkena banjir, ”Fun With English” mendapat bantuan dari ”MER Corporation” berupa buku – buku pelajaran dan alat – alat tulis , rak buku dan white board yang sekarang kami gunakan untuk mengajar.

Guna menunjang kelangsungan kegiatan belajar Bahasa Inggris Gratis ini, ”Fun With English” memerlukan bantuan berbagai pihak baik berupa buku – buku, alat – alat tulis ataupun dana operasional yang digunakan setiap minggunya.
Bantuan pihak lain ini sangat kami harapkan sekali dimana dana pribadi yang kami sisihkan setiap bulannya tidak mencukupi untuk mengcover kegiatan ini. Terlebih ”Fun With English” mulai dikenal dan siswanya semakin bertambah.

PENUTUP.
Sadar bagi kami akan manfaat kegiatan – kegiatan positif merupakan salah satu jalan menuju kesuksesan bagi anak – anak sebagai generasi penerus bangsa yang juga merupakan kader penerus cita – cita bangsa ini
Kesuksesan dari program ini tak lepas adanya peran serta dari pihak ekstern (sponsor) maupun kontribusi dan partisipasi aktif masyarakat setempat.

Demikian Profile ”FUN WITH ENGLISH”. Sekelumit perjalanan Fun With English yang belum berarti apa – apa tanpa bantuan banyak pihak. Semoga kegiatan ini Insya Allah akan bermanfaat bagi tunas – tunas muda dan sedikit andil untuk mencerdaskan sebagian komunitas kecil dalam suatu bangsa. Terima kasih yang sedalam – dalamnya atas perhatian dan segala bantuan yang diberikan dan semoga Tuhan YME memberikan balasan yang berlipat ganda. Amin.

Tidak ada komentar: