4.21.2008

LATAR BELAKANG RUMAH BACA

Fun With English & Rumah Baca setelah mendapat bantuan dari BRI

Ruang tunggu bagi ibu-ibu dan Bapak-bapak yang mengantar anak-anaknya belajar Bahasa Inggris Gratis di Fun With English.

LATAR BELAKANG.

Awal pendirian dari “Rumah Baca” (Pustaka Baca) ini juga dengan ketidak sengajaan. Bermula dari anak – anak yang akan mengikuti Belajar Bahasa Inggris Gratis menunggu giliran jam berikutnya. Mereka hanya duduk – duduk dan bercanda hingga kadang mengganggu kelas yang sedang belajar.
Agar waktu anak – anak tersebut tidak terbuang percuma dan keinginan kami sebagai pengelola agar minat baca anak – anak tersebut tumbuh sejak dini, maka bermodal koleksi buku pribadi yang ada kami menggelar Pustaka Baca Gratis untuk anak – anak tersebut ataupun orang tua / pengantar yang menunggu anak-anaknya belajar Bahasa Inggris.

”RUMAH BACA”
“WHERE NEED OF READING BEGINS”.
Mengapa “RUMAH BACA” ? nama ini kami ambil untuk mengingatkan kepada siapa saja untuk mencintai rumah dan mencintai buku. Bukankah sebelum kita mengenal bangku sekolah kita belajar membaca dan mengenal buku dari orang tua kita dan itu dilakukan tentu saja di rumah. Buku merupakan jendela ilmu. Dari bukulah banyak manfaat yang kita dapatkan dan berguna bagi kita. Jadi Rumah Baca, dimana keinginan untuk membaca itu dimulai, begitulah kira – kira pesan yang disampaikan kepada siapa saja yang mencintai rumah dan buku. Dan buku juga merupakan guru yang luar biasa sabarnya bagi siapa saja yang membaca dan mencintainya.
Mengapa anak – anak ? Minat membaca memang harus dilakukan sejak usia dini. Jika ini dilakukan terus menerus tentu saja dampaknya akan terlihat dikemudian hari. Apabila membaca buku sudah menjadi kebiasaan masyarakat kita tentu tidak ada lagi kendala – kendala kita dalam mengkampanyekan ”Buku Jendela Ilmu”.

WAKTU MEMBACA DI “RUMAH BACA”.
Rumah Baca di buka setiap hari mulai jam 09.00 – 21.00 WIB. Kadang bisa saja anak – anak atau yang tidak selesai membaca tetapi jika waktunya sudah habis, mereka akan meminjam buku tersebut dan membawanya ke rumah dan dikembalikan setelah mereka selesai membacanya. Kini Rumah Baca makin sering dikunjungi tidak saja anak – anak tetapi segala usia sudah masuk kedalamnya. Dan ini merupakan perkermbangan yang sangat menggembirakan.

KOLEKSI BUKU RUMAH BACA.
Koleksi buku – buku di Rumah Baca terdiri dari :
1. Buku cerita anak – anak (Komik, Berseri, Dongeng, Majalah Anak –anak).
2. Buku cerita / novel remaja / sastra. (Literature)
3. Majalah Wanita, Buku Resep Masakan, Tabloid Wanita.
4. Buku Ekonomi, Agama, Komputer, Design Interior dll.
Jumlah koleksi buku ”Rumah Baca” memang masih sedikit sekali. Sebagian koleksi Rumah Baca ini memang milik pribadi dan ada pula beberapa bantuan dari pihak lain. Terlebih untuk saat ini kami masih mempunyai kendala terutama pengadaan buku – buku Bahasa Inggris, baik buku pelajaran sekolah ataupun buku cerita – cerita pendek dalam bahasa Inggris.

KEBERADAAN FUN WITH ENGLISH DAN RUMAH BACA.
Guna menunjang kelangsungan dari program Fun With English dan Rumah Baca, kami mengharapkan sekali bantuan berbagai pihak untuk mendukung kegiatan ini terutama bantuan buku – buku Bahasa Inggris, buku cerita anak – anak, Majalah Wanita, resep masakan dan makanan atapun buku pelajaran sekolah yang akan besar sekali manfaatnya bagi kita semua.
Sarana dan Prasarana memang sangat diperlukan sekali oleh Fun With English dan Rumah Baca”. Sekarang ini hanya menempati salah satu tanah kosong penduduk yang disekelilingnya dipagari bambu dan ditanami berbagai macam bunga.
Rumah Baca hanya menggelar koleksi buku – bukunya di tanah yang dialasi dengan terpal plastik. Yang menjadi kendala adalah jika hari mulai siang dan terik, anak – anak yang sedang membaca akan merasakan kepanasan karena tidak adanya penutup / atapnya.
Hal – hal seperti ini yang tentu saja memerlukan bantuan berbagai pihak agar program – program sosial yang dijalankan berjalan lancar.

BANTUAN UNTUK “FUN WITH ENGLISH & “RUMAH BACA”.
Berbagai usaha kami lakukan untuk mencari dan mendapatkan bantuan dari berbagai pihak guna kelangsungan program ini (karena dana pribadi yang kami sisihkan dari gaji bulanan tidak memadai lagi untuk menunjang kegiatan – kegiatan kedepan). Mulai dari instansi pemerintah, pemda DKI ataupun dari pihak swasta telah kami lakukan. Dari sejumlah proposal yang kami sebarkan, ternyata salah satu institusi keuangan pemerintah berminat pada program kami ini. Setelah melakukan survey ke lokasi, Bank Rakyat Indonesia melalui Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) memberikan bantuan berupa sarana (PKBL BRI membantu membuatkan atap dan lantai keramik) untuk kelangsungan program Fun With English dan Rumah Baca. Bantuan juga kami dapatkan dari pemilik lahan tidur yang mengijinkan kami menempati lahannya untuk program ini.
Kini Fun With English dan Rumah Baca telah mempunyai tempat belajar Bahasa Inggris dan perpustakaan kecil yang cukup sederhana. Tentu saja ini semua memberi semangat baru bagi anak – anak dikarenakan mereka akan merasa nyaman dalam belajar dan membaca di Rumah Baca. Terlebih lagi bagi kami sebagai pengajar dan pengelola, inilah merupakan jawaban dari setiap doa dan usaha kami dalam menjalankan kegiatan sosial ini, dan semua ini kami lakukan dengan tulus dan ikhlas berbagi untuk sesama. Semoga dengan menempati rumah barunya, Fun With English dan Rumah Baca dapat terus membantu anak – anak terutama yang kurang mampu untuk terus belajar Bahasa Inggris secara gratis.

BANTUAN YANG KAMI PERLUKAN.
Kendala itu memang pasti ada dalam setiap kehidupan manusia, tidak terkecuali dengan Fun With English dan Rumah Baca. Yang benar – benar kami butuhkan sekarang adalah bantuan buku –buku cerita anak – anak terutama dalam Bahasa Inggris ataupun buku lainnya seperti masalah orang tua dalam mendidik anak-anaknya, buku pengembangan diri, buku – buku resep masakan yang memang sangat digemari oleh ibu – ibu didaerah kami ataupun buku – buku yang dapat menambah pengetahuan lebih bila kita membacanya. Biaya Operasional juga masih menjadi kendala bagi kelangsungan program ini. Rumah Baca masih sangat memerlukan bantuan berupa ide- ide kreatif yang membangun demi kelangsungan program dan kegiatan yang kami jalankan.

UCAPAN TERIMA KASIH.
Kesuksesan program ini tak lepas dari peran serta baik pihak ekstern (sponsor) maupun kontribusi dan partisipasi aktif masyarakat setempat. Terima kasih yang sebesar-besarnya kami ucapkan kepada seluruh pihak – pihak yang telah membantu kami dalam kegiatan ini.
1. Bank Rakyat Indonesia ( PKBL BRI)
2. Bp. Bamunas Boediman MBA (pemilik lahan tidur)
3. MER Corporation.
4. Dewan Kelurahan Bendungan Hilir.
5. Bp. Rudjono Nirjana (PT.Indo Mobil Niaga Int’l)
6. Bp. Drs. Bambang Sugiyono (Sekretaris Walikota Jakarta Pusat)
7. Bp. Drs. H. Idris Priyatna. (Camat Tanah Abang).
8. Bp. Lurah Karet Tengsin dan Bp. Lurah Bendungan Hilir.

Dan sejumlah pihak yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu yang turut membantu kami dalam kegiatan ini.